Selasa, 14 Oktober 2014

Peduli Mencegah Kebakaran

  Si Jago Merah merupakan salah satu faktor yang dapat mengancam diri kita, harta benda, rumah, bahkan nyawa kita atau sanak saudara kita. Si Jago Merah tidak pandang bulu untuk mehabiskan harta benda kita, tidak memilih waktu, kapan, dimana, jika kita lengah dan terledor sedikit saja hal yang memicu kebakaran dapat terjadi.
3 faktor kebakaran yang terjadi akibat kelalaian, diantaranya :

1. Kompor
-Jarang membersihkan bagian kompor dan selang gas,
 Lakukalanlah membersihkan secara rutin dan mengganti apabila sudah karatan,
-Meninggalkan kompor yang menyala, dengan alasan : keluar rumah tidak lama,sibuk  dengan buah hati, asik menonton tv, berbincang yang lama sehingga lupa. Hindari  menyalakan kompor dengan kondisi tersebut, sehingga kita bisa fokus dalam memasak, kesalahan disebabkan LUPA dapat berakibat FATAL.
  Namun, tidak hanya itu yang perlu diperhatikan, perlengkapan masak lainnya seperti wajan dan panci juga dapat menyebabkan kebakaran karena akan sangat panas bila terlalu lama kontak langsung dengan api. Untuk para WANITA, sebaiknya apabila memasak harus tetap berada di dapur dan jangan ditinggal-tinggal. Selain itu, perhatikan juga pemasangan gas pada kompor Anda.

2. Listrik
-Stop kontak dibebani dengan berbagai peralatan sehingga dapat hangus dan gosong. -Jangan biarkan stop kontak di rumah Anda terhubung dengan banyak peralatan elektronik. Hal ini dapat menyebabkan korsleting dan terjadi kebakaran.
-Jangan biarkan kabel yang sudah rusak tetap Anda gunakan karena serabut-serabut yang ada di dalam kabel tersebut sudah putus. Agar kabel awet dan bisa digunakan lama, sebaiknya jangan sering menggulung kabel,
- Kontak listrik yang selesai memakai harus segera di cabut,
-Stop kontak tidak terlindungi dengan semestinya,
  Sebaiknya setelah anda memakai peralatan elektronik,tombol dalam keadaan mati atau cabut kabel dari stop kontak.
-Hindari bahan kain atau yang mudah terbakar dekat dengan stop kontak,
-menggunakan stop kontak pastikan terletak pada tempat yang mudah terlihat,
- Hindari mencarger HP terlalu lama atau meninggalkan lama saat pengisian HP terjadi.

3. Cairan yang mudah terbakar
Solar, minyak tanah, dan bensin merupakan jenis cairan yang mudah terbakar. Tidak hanya itu, ternyata lem dan parfum Anda pun bisa membuat kebakaran menjadi lebih besar.

   Apabila anda keluar rumah pastikan kompor dan listrik dalam keadaan mati, dan jika berpergian jauh berhari-hari cabut selang gas dan matikan saluran listrik. Dan Pastikan surat-surat berharga digabungkan dan diletakan didalam kotak yang mudah dibawa.
  Sudah banyak korban dari Si Jago Merah,Anda tidak ingin kan menjadi korban berikutnya, Waspadalah dan jangan sampai Anda Terledor menyebabkan kehilangan rumah, harta benda dan bahkan nyawa.

Tidak ada komentar: