Kamis, 10 Januari 2013

Bahayanya bergadang


                                                          
Dialah yang menjadikan malam bagi kamu supaya kamu beristirahat padanya dan (menjadikan) siang terang benderang (supaya kamu mencari karunia Allah). Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang mendengar.” (QS. Yunus : 67)
            Tidak mungkin Allah menciptakan malam dan siang tanpa maksud apapun. Dan pada yang demikian itu terdapat hikmah dan manfaat yang bisa dicerna oleh orang yang berakal. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, suri tauladan kaum muslimin, tidak pernah menyia-nyiakan waktu malamnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat (begadang), dan beliau juga tidak pernah memanfaatkan waktu paginya untuk bermalas-malasan.
            Dari Abu Bakr bin Sulaiman bin Abi Hatmah, sesungguhnya Khalifah Umar bin al Khattab tidak menjumpai Sulaiman bin Abi Hatmah saat shalat Shubuh. Rumah Sulaiman itu terletak antara pasar dengan masjid nabawi. Pada pagi harinya Umar pergi ke pasar. Umar melewati as Syifa, Ibu dari Sulaiman. Khalifah Umar bertanya kepada sang ibu, “Aku tidak menjumpai Sulaiman dalam jamaah shalat shubuh”. Sang ibu menjawab dengan mengatakan, “Semalaman Sulaiman mengerjakan shalat Tahajud. Pada waktu shubuh matanya tidak kuat untuk diajak bangun mengerjakan shalat shubuh berjamaah.
            Ingatlah bahwa orang-orang sholeh terdahulu sangat tidak menyukai tidur pagi. Kita dapat melihat ini dari penuturan Ibnul Qayyim ketika menjelaskan masalah banyak tidur yaitu bahwa banyak tidur dapat mematikan hati dan membuat badan merasa malas serta membuang-buang waktu. Beliau rahimahullah mengatakan,
“Banyak tidur dapat mengakibatkan lalai dan malas-malasan. Banyak tidur ada yang termasuk dilarang dan ada pula yang dapat menimbulkan bahaya bagi badan.”


Waktu tidur yang paling bermanfaat yaitu :
1. tidur ketika sangat butuh,
2. tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-,
3. tidur di pertengahan siang –ini lebih bermanfaat daripada tidur di waktu pagi dan sore-. Apalagi di waktu pagi dan sore sangat sedikit sekali manfaatnya bahkan lebih banyak bahaya yang ditimbulkan, lebih-lebih lagi tidur di waktu ‘Ashar dan awal pagi kecuali jika memang tidak tidur semalaman.
            Menurut para salaf, tidur yang terlarang adalah tidur ketika selesai shalat shubuh hingga matahari terbit. Karena pada waktu tersebut adalah waktu untuk menuai ghonimah (pahala yang berlimpah). Mengisi waktu tersebut adalah keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang sholih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan semalam suntuk, mereka tidak mau tidur di waktu tersebut hingga terbit matahari. Mereka melakukan demikian karena waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rizki dan datangnya barokah (banyak kebaikan
            Bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari bergadang :
-    Berbagai rasa sakit bisa timbul
-    Risiko kanker lebih tinggi
-    Memicu rasa gelisah
-    Tampak lebih tua
-    Stres meningkat
-    Rentan terserang diabetes
-    Antibodi menjadi lemah
-    Hasrat ngemil makanan berlemak meningkat

Tidak ada komentar: