Kamis, 28 November 2013

Manfaat air putih

   Air putih merupakan minuman yang paling baik dan menyehatkan untuk tubuh anda. Tapi pada kenyataannya, banyak diantara kita yang lebih menyukai minuman yang berasa manis yang banyak beredar dipasaran. Mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahui begitu besarnya manfaat air putih bagi kesehatan anda.

    Masih banyak orang yang mengabaikan manfaat minum air putih. Padahal, manfaatnya tiada terkira. Dari mencegah Anda merasa kehausan, mendorong metabolisme, membuat Anda merasa kenyang lebih lama (sehingga mencegah Anda makan terlalu banyak), membuat kulit lebih halus karena ketersediaan cairan di dalam tubuh, hingga mencegah hilang konsentrasi.
Inilah beberapa manfaat minum air putih hangat.
1. Pembersihan dan pemurnian
2. Menyembuhkan sembelit
3. Menurunkan berat badan
4. Obat untuk flu dan batuk
5. Mengeluarkan keringat
6. Meningkatkan aliran darah
7. Mengurangi nyeri

   Meskipun hanya sekedar minum air putih, tetapi manfaat yang ada dari mengkonsumsi air putih secara cukup, yaitu 8- 10 gelas (2 liter ) setiap hari, ternyata membawa banyak manfaat.


Dengan mengkonsumsi air putih yang baik dan rutin juga telah diajarkan dalam Islam tata cara minum air putih yang baik dan benar seperti Rasulullah SAW melarang minum sambil berdiri. Mengapa? Sabda Rasulullah, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sam-bil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (Hadist Riwayat HR. Ahmad).


Dari segi kesehatan (medis) air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer yang merupakan suatu struktur muskular (berotot) boleh membuka (sehingga air kencing boleh keluar) dan menutup.Air yang diminum tanpa disaring terus menuju kandungan air kencing dan terjadi pengendapan pada saluran sepanjang perjalanan (ureter) yang bisa membentuk kristal di ginjal. Bila ini terjadi menjadi penyakit batu karang di ginjal.

Tidak ada komentar: