Kamis, 28 November 2013

SEBUAH UJIAN HIDUP



Di dunia ini tidak ada manusia yang bebas dari ujian. Baik yang kaya maupun yang miskin, semua pasti pernah merasakan. Seperti ujian yang dialami oleh saudara-saudara kita lebih dulu menndaptkanya.

Di setiap kegagalan itu ada rahasia ALLAH agar kita memiliki mental yang lebih kuat, kita bisa introspeksi diri, bisa merasakan asam garam kehidupan dan dari semua itu pada akhirnya kita bisa mengambil sebuah hikmah sehingga kita bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan lebih berani menghadapinya.

Sikap berbaik sangka terhadap qadha dan qodhar ALLAH adalah sikap yang harus dimiliki oleh orang yang beriman. Dan kita harus tahu makna dibalik itu semua.
Pertama, yakinlah bahwa ujian yang terjadi semuanya adalah kehendak ALLAH.
Kedua, yakinlah bahwa ALLAH Maha Suci dari perbuatan dzalim terhadap hamba-Nya. Dengan kasih-Nya, dibalik kepahitan terhimpun kasih sayang yang senantiasa memancar.
Ketiga, yakinlah bahwa setiap keputusan dan ketetapan sudah diukur. Dia Maha Tahu kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh makhluk-Nya sehingga Dia tidak akan mencelakainya.
Keempat, yakinlah bahwa setiap ujian ada akhirnya. Dunia ini fana. Dan setiap ujian menjadi sinyal bahwa apa yang kita miliki didunia tidak akan abadi, semuanya akan sirna.
Kelima, yakinlah bahwa ujian yang melimpah akan mendatangkan hikmah yang teramat dalam. Percayalah ketika ALLAH memberikan ujian, ALLAH juga sudah mempersiapkan keberuntungan kepada hamba-Nya yang diuji tadi.

Subhanallah, ALLAH SWT sangat sayang kepada kita. Dengan ujian yang ALLAH berikan itu ada salah satu cara ALLAH ingin kita semakin dekat dengan-Nya, ALLAHpun tak pernah lupa untuk menolong kita dalam setiap ujian, pasti ALLAH akan menunjukkan cara menjawab ujian itu semua. ''Dan minta pertolonganlah kamu dengan kesabaran dan dengan shalat, dan sesungguhnya shalat sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusuk tunduk jiwanya.'' (QS Al-Baqarah [2]: 48).


Semoga kita dijadikan ALLAH SWT, hamba-Nya yang lulus dari ujian. 

Tidak ada komentar: